Spread the love

Alexander the Great, juga dikenal sebagai Alexander III dari Makedonia, adalah salah satu pemimpin militer terbesar dalam sejarah manusia. Keberhasilannya dalam menaklukkan sebagian besar dunia yang dikenal pada masanya membuatnya menjadi tokoh yang sangat terkenal dan memengaruhi perjalanan sejarah secara mendalam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kehidupan awal, kepemimpinan, kampanye dan penaklukannya, serta kematian yang misterius dari Alexander the Great.

Awal Kehidupan

Alexander lahir pada tanggal 20 Juli 356 SM di Pella, ibu kota Kerajaan Makedonia. Dia adalah putra dari Raja Philip II dan Ratu Olympias. Meskipun terlahir sebagai pangeran Makedonia, Alexander tumbuh menjadi seorang pemuda yang cerdas dan ambisius. Dia mendapatkan pendidikan dari salah satu filsuf terkenal pada masanya, Aristoteles, yang memberikan fondasi intelektualnya yang kuat.

Raja Makedonia

Pada tahun 336 SM, setelah kematian mendadak Raja Philip II, Alexander naik takhta sebagai raja Makedonia yang baru. Pada usia 20 tahun, kepemimpinan Alexander segera diuji. Dia menghadapi konspirasi dan pemberontakan yang menentang kekuasaannya, tetapi dia dengan tegas menekan semua ancaman tersebut.

Kampanye dan Penaklukan

Salah satu prestasi terbesar Alexander adalah kampanye penaklukannya. Dalam waktu yang relatif singkat, ia berhasil menaklukkan sebagian besar dunia yang dikenal saat itu. Kampanye militernya dimulai pada tahun 334 SM ketika ia memimpin pasukan Makedonia menyeberangi sungai Granicus untuk melawan pasukan Persia. Ia terus bergerak maju melalui Asia Minor, Mesir, Babilonia, dan Persia, menghancurkan pasukan besar Darius III, raja Persia.

Kemudian, Alexander terus bergerak ke timur menuju India, tetapi pasukannya mulai mengalami perlawanan yang lebih kuat. Di sungai Hydaspes, ia berhadapan dengan pasukan besar Raja Porus. Meskipun meraih kemenangan, pasukan Alexander mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Akibatnya, ia memutuskan untuk berhenti di India dan tidak melanjutkan perjalanan ke timur.

Kematian

Pada tahun 323 SM, Alexander kembali ke Babilonia setelah kampanye militernya yang melelahkan. Namun, pada usia 32 tahun, ia tiba-tiba jatuh sakit dengan gejala yang tidak jelas. Penyakitnya semakin parah, dan pada tanggal 10 Juni 323 SM, Alexander the Great meninggal dunia. Kematian Alexander mengundang banyak spekulasi, dan hingga hari ini, penyebab pasti kematiannya tetap menjadi misteri. Beberapa teori menyebutkan bahwa ia mungkin diracuni, sementara yang lain mengatakan bahwa penyakitnya berasal dari komplikasi infeksi pernapasan.

Kematian Alexander mengakibatkan perpecahan dalam kekaisarannya, dengan jenderal-jenderalnya memperebutkan kekuasaan dan wilayah yang ditinggalkannya. Era penaklukan Alexander dikenal sebagai Zaman Helenistik, yang memiliki dampak besar pada perkembangan budaya dan sejarah dunia.

Peninggalan

Meskipun hidupnya singkat, Alexander the Great meninggalkan warisan yang besar dalam sejarah. Penaklukannya membuka hubungan budaya dan perdagangan antara Timur dan Barat yang dikenal sebagai Zaman Helenistik. Dia juga mempengaruhi banyak pemikir dan pemimpin selanjutnya, termasuk Julius Caesar dan Napoleon Bonaparte.

Alexander the Great adalah contoh yang luar biasa dari seorang pemimpin yang memiliki ambisi, keberanian, dan kecerdasan taktis yang luar biasa. Ia akan selalu diingat sebagai salah satu tokoh paling hebat dalam sejarah manusia yang telah mengubah wajah dunia dengan penaklukannya yang mengesankan.

Kutipan

Alexander the Great meninggalkan banyak kutipan terkenal yang mencerminkan pemikirannya yang berani dan ambisius.

Saya tidak takut pada pasukan singa yang dipimpin oleh seekor domba; Saya takut pada pasukan domba yang dipimpin oleh seekor singa

Tidak ada yang tidak mungkin bagi mereka yang mau mencoba

Saya lebih suka hidup singkat penuh kemuliaan daripada hidup lama dalam ketidakjelasan

Saya berhutang pada ayah saya atas hidup ini, tetapi pada guru saya atas cara hidup yang baik

Informasi Singkat

Tahun Kelahiran: 356 SM
Tanggal Kelahiran: 20 Juli 356 SM
Kota Kelahiran: Pella 
Negara Kelahiran: Yunani 
Jenis Kelamin: Laki-laki 
Terkenal Karena: Alexander the Great menjabat sebagai raja Makedonia dari tahun 336 hingga 323 SM. Selama masa pemerintahannya, ia menyatukan Yunani, mendirikan kembali Liga Korintus, dan menaklukkan Kekaisaran Persia. Tanda Zodiak: Kanser 
Tahun Kematian: 323 SM
Tanggal Kematian: 13 Juni 323 SM
Kota Kematian: Babilon, Persia (sekarang Irak) 
Negara Kematian: Irak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending