Spread the love

Steve Jobs, nama yang tak asing lagi bagi dunia teknologi, adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah industri komputer dan elektronik. Dia adalah otak di balik perusahaan-perusahaan terkenal seperti Apple Inc. dan Pixar Animation Studios. Kisah hidupnya penuh liku-liku, inspiratif, dan memotivasi banyak orang di seluruh dunia.

Orang Tua & Adopsi

Steven Paul Jobs lahir pada 24 Februari 1955, di San Francisco, California. Orangtuanya adalah Joanne Schieble dan Abdulfattah Jandali, seorang mahasiswa asal Suriah dan mahasiswi Amerika Serikat. Keduanya memutuskan untuk mengadopsi Steve setelah kelahirannya karena masalah keluarga mereka saat itu. Paul dan Clara Jobs menjadi orang tua angkat Steve, dan mereka menganggapnya sebagai anak kandung mereka.

Awal Kehidupan & Edukasi

Jobs tumbuh di Mountain View, California, sebuah kota di Silicon Valley yang akan menjadi pusat teknologi dunia di masa mendatang. Ketertarikan Jobs pada teknologi dan komputer muncul sejak usia dini. Dia bersekolah di Homestead High School di Cupertino, di mana dia bertemu dengan teman masa depannya, Steve Wozniak.

Setelah lulus dari sekolah menengah, Jobs melanjutkan pendidikannya di Reed College di Oregon, meskipun hanya untuk beberapa semester karena ketidakpuasan terhadap sistem pendidikan formal. Namun, dia tetap menghadiri kelas seni dan kreatif yang memengaruhi pandangan dan desainnya di masa depan.

Pekerjaan di Atari

Setelah meninggalkan Reed College, Steve Jobs bekerja sebagai teknisi di perusahaan game Atari. Pekerjaannya di sini memberinya pengalaman berharga dalam dunia elektronik dan komputer. Namun, dia terus mencari jalan untuk mengejar minatnya dalam komputasi pribadi yang sedang berkembang.

Mendirikan Apple

Pada tahun 1976, bersama dengan Steve Wozniak dan Ronald Wayne, Steve Jobs mendirikan Apple Computer, Inc. di garasi orang tua angkatnya. Mereka menciptakan komputer pertama mereka, Apple I, yang menjadi awal dari revolusi komputer pribadi. Produk-produk sukses seperti Apple II dan Macintosh kemudian mengubah industri komputer.

Keluar dari Apple

Pada tahun 1985, Steve Jobs terlibat dalam konflik internal di Apple dan akhirnya dipecat dari perusahaan yang dia dirikan sendiri. Ini adalah saat-saat sulit dalam hidupnya, tetapi dia tidak menyerah.

Mendirikan NeXT

Jobs tidak menyerah. Dia mendirikan perusahaan komputer berikutnya yang diberi nama NeXT Computer, Inc. Perusahaan ini berfokus pada komputer berkinerja tinggi untuk pendidikan dan bisnis. Produk-produk NeXT menjadi landasan untuk sistem operasi Mac OS X di masa depan.

Steve Jobs & Pixar

Jobs juga terlibat dalam industri hiburan melalui perusahaannya yang memiliki saham besar di Pixar Animation Studios. Pixar sukses besar dengan film-film animasi seperti “Toy Story” dan “Finding Nemo,” yang mengubah cara dunia melihat animasi komputer.

Kembali dan Memulihkan Apple

Pada tahun 1996, Apple menghadapi kesulitan dan memutuskan untuk membeli perusahaan NeXT milik Steve Jobs. Kembalinya Jobs ke Apple membawa perubahan besar dalam perusahaan. Dia memimpin inovasi dengan produk-produk seperti iMac, iPod, iPhone, dan iPad, yang membuat Apple menjadi salah satu perusahaan terkemuka di dunia.

Kanker dan Kematian

Pada tahun 2003, Jobs didiagnosis menderita kanker pankreas. Meskipun menjalani berbagai perawatan, kondisinya terus memburuk. Steve Jobs meninggal dunia pada 5 Oktober 2011, meninggalkan warisan besar dalam dunia teknologi.

Kutipan

Steve Jobs dikenal dengan banyak kutipan inspiratif yang mencerminkan pandangan hidup dan pendiriannya dalam teknologi dan bisnis. Berikut beberapa kutipan terbaik dari Steve Jobs:

Pekerjaanmu akan mengisi sebagian besar hidupmu, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang kamu yakini sebagai pekerjaan hebat. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah mencintai apa yang kamu kerjakan.

Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut.

Mengingat bahwa kamu akan mati adalah cara terbaik yang saya tahu untuk menghindari jebakan berpikir bahwa kamu punya sesuatu yang bisa hilang. Kamu sudah telanjang. Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti hatimu.

Orang-orang yang cukup gila untuk berpikir bahwa mereka bisa mengubah dunia adalah orang-orang yang melakukannya.

Steve Jobs bukan hanya seorang pengusaha dan inovator, tetapi juga seorang visioner yang mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berkomunikasi. Kisah hidupnya adalah contoh nyata dari ketekunan, imajinasi, dan tekad yang luar biasa.

Informasi Singkat

NAMA LENGKAP: Steven Paul Jobs 
LAHIR: 24 Februari 1955 
MENINGGAL: 5 Oktober 2011 
TEMPAT LAHIR: San Francisco, California 
PASANGAN: Laurene Powell (1991-2011) 
ANAK-ANAK: Lisa, Reed, Erin, dan Eve 
TANDA ZODIAK: Pisces

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending